Uang Komisi

Cari Blog Ini

WorldOnkytheoWork

kumpul blogger

Pekan Tenun dan Songket

Dapatkan info di http://www.smescoindonesia.com

Rabu, 24 Februari 2010

Perencanaan marketing untuk usaha bidang jasa

Dear,

Saya pernah sedikit bersinggungan dengan bisnis seperti ini.

Saya pernah ke konsultan arsitektur yang dipakai oleh HSBC bank untuk interior design, yang pernah dipakai oleh BNI untuk design gedung cabang2 mereka, dan juga yang merancang salah satu gedung di jl Satrio yang bentuknya unik, serta beberapa yang lainnya.

Saya juga coba google dengan keywork konsultan arsitektur, dan hasilnya ada 1 juta result.

Berarti bagi saya ini adalah bisnis yang cukup kompetitif di bidangnya, dengan target market yang beragam dan juga positioning yang beragam pula.

Masukan sangat bagus, dan mungkin ada tambahan input lain sbb:

1. Lupakan dulu untuk menggarap instansi besar. Dengan modal yang terbatas, akan berat untuk melayani instansi, baik dalam hal pemutaran modalnya, pembayaran dari customer yang mengikuti prosedur yang relatif lebih panjang. Mungkin ada yang bilang bahwa kan sudah ada term of payment, kan sudah ada kontraknya, pasti dong cash flow bisa di manage. Sayang bahwa kenyataan nya jauh dari demikian.

2. Coba untuk fokus membidik segment market mana yang paling cepat menghasilkan. Untuk pekerjaan interior design atau design rumah baru, cari cara kerja sama yang baik dengan semua broker, baik profesional maupun yang tradisional, di proximity dari area kantor sehingga lebih terkontrol. Karena dari mereka lah ada sumber info, karena ada pembeli yang baru beli rumah mau langsung renovasi. Ada pembeli yang beli kavling, sehingga bisa ditawarkan jasa design rumah nya. Berikan komisi yang menarik kepada broker2 ini, sehingga mereka bisa selalu me referensikan perusahaan Anda. Asal tahu saja, bank2 besar demi menjual kredit KPR mereka, sering merangkul para broker ini, baik diajak nonton bersama, diberikan gift, dan pasti ada pembagian komisi bila transaksi dilakukan lewat KPR bank mereka

3. Rajin2 keliling ke proyek2 ruko. Seringkali para kontraktor ruko ini tidak memiliki arsitek in house, jadi mereka selalu outsource jasa design arsitek ini. Binalah relationship dengan mereka, karena sebagai pengusaha, mereka pasti selalu mencari lokasi baru untuk membangun unit2 ruko baru mereka

4. Tambahan input saja, untuk jasa design sulit ditentukan ukuran murah/mahal, tetapi selalu kejarlah dahulu customer satisfaction. Karena di Indonesia, word of mouth dan community masih menjadi elemen penting dalam marketing.

Salam sukses,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar